Internet sehat ?

Beberapa hari lalu sebagai pegawai negeri sipil yang bertugas sebagai Humas Pemerintah, saya menghadiri Rapat Kordinasi Nasional (rakornas) Komunikasi dan Informatika di hotel bidakara jakarta.Pada Rakor tersebut didiskusikan berbagai tema seputar arah dan kinerja kementerian KOMINFO pada masa mendatang. Salah satu tema yang mengemuka adalah gerakan INTERNET SEHAT.Berbagai pembicara tampil dalam acara rakor tersebut.Ada beberapa menteri,sejumlah dirjen di KOMINFO,Awari sampai unsur masyarakat. Pada intinya semua membicarakan satu topik mendeklarasikan sebuah Gerakan Nasional Internet Sehat!
Pertanyaan yang kemudian muncul dalam kepala saya apakah yang dimaksud gerakan internet sehat ? Apakah internet sehat adalah upaya untuk tidak mengunakan internet untuk tidak mengakses konten pornografi? Menahan laju kejahatan internet ? atau apa ?
Bagi saya teknologi adalah pisau bermata dua yang memiliki sisi positif dan negatif. Anomi atau penciptaan kondisi ketakutan akan dampak dari sebuah teknologi saya rasa terlalu berlebihan. Seharusnya kita lebih fokus mengarahkan energi pada penciptaaan kreatifitas dan kreasi baru dalam jejaring dunia maya ketimbang membincangkan berbagai isu seputar dampak buruk sebuah teknologi.
Harusnya kita lebih fokus membicarakan bagimana internet dapat diakses secara masal, murah dan mudah oleh warga serta mendorong berebagai kreasi konten yang mendukung kebutuhan informasi masyarakat. Misalnya saja mengapa pemerintah tidak membuat sebuah website tentang informasi harga komoditi pertanian/perkebunan bagi para petani agar mereka tidak dipermaikan oleh para tekulak, membuat berbagai game online yang mendukung proses belajar anak-anak, mendorong penciptaan berbagai web educasi bagi para guru atau membuat sistim informasi yang terintegrasi secara nasional tentang databesse kependudukan mulai dari KTP online secara nasional sampai data pemilih yang selalu jadi masalah.
bersambung...

Posting Komentar

0 Komentar