Suara Rakyat Bukan Suara Tuhan

Suara Rakyat adalah suara Tuhan.Vox Populi Vox Dei,demikian kata banyak orang dan sejumlah pakar menilainya. Tapi benarkah itu dalam realitas ketika kita berada diantara barisan massa yang kita sebut Rakyat ? Siapakah rakyat ? atau yang manakah yang kita sebut sebagai rakyat ? Terus Rakyat manakah yang hendak kita percayai ?

Rakyat juga sering atas nama, atas nama rakyat sejumlah orang dengan agama tertentu membakar, membununuh dan menjarah. Atas nama rakyat banyak yang datang memanipulasi sertifikat tanah dan menjualnya berkali-kali.Juga atas nama Rakyat ratusan orang berdemonstrasi menuntut sesuatu yang dia sendiri tidak ketahui titik persoalanya yang mereka tahu, setelah selesai demonstrasi dua puluh ribu diisi dikantong mereka. Sekali lagi atas nama rakyat banyak orang berkampanye menuliskan slogan didukung oleh rakyat dan bekerja demi rakyat.

ini zaman edan ketika semuanya layak untuk dipertanyakan identitasnya. Tentu saja identitas menjadi hal yang begitu penting tanpa identitas kita sulit mengkalkulasi segalanya. Menghitung apakah ini sekedar atas nama atau memang benar-benar rakyat. Pertanyaanya rakyat yang mana ? kalau untuk rakyat kita harus berdebat dengan jutaan definisi bagaimana dengan suara Rakyat suara Tuhan ?

Posting Komentar

0 Komentar