Garam..oh Garam…



Darimana datangnya cinta dari mata turun ke hati. Darimana datangnya garam, dari laut menuju priuk. Terus apa hubunganya dengan palu traveling? Nah, dikota palu ada satu destinasi wisata alam minat khusus yang sayang untuk dilewatkan yakni wisata penggaraman. Disini anda bisa melihat bagaimana garam dilautan bisa sampai didapur kita.

Lokasinya masih disekitar pantai talise, bentuknya  kolam-kolam kecil yang bersegi empat. Jika anda tertarik berkunjung silahkan saja, gratis kok. Setiap kali datang ke wisata penggaraman saya selalu bertanya, ini hanya penggaraman di kota palu saja yang panjang garis pantai cuma 42 km, bagaimana dengan Sulawesi tengah yang mencapai 4.300 km? bagaimana dengan Indonesia yang panjang pantai 81.000 km atau 14% garis pantai seluruh dunia, di mana 2/3 wilayah Indonesia berupa perairan laut?  tapi mengapa sampai saat ini kita masih mengimpor garam ?

sumber Foto Antara : Lokasi Penggaraman Talise
Garam oh garam, setidaknya dari destinasi penggaraman ini saya belajar bahwa Indonesia itu sungguh kaya, demikian pula kampung saya. Dari berbagai informasi yang saya dapatkan bahwa luas lokasi pengaraman talise dahulu mencapai 18,7 Ha yang dikelola oleh 16 kelompok yang setiap kelompoknya anggota berjumlah 10 orang (data; 2010). Tapi entahlah saat ini, saya pikir semakin lama semakin berkurang dengan semakin banyaknya restoran dan rumah penduduk disekitar lokasi penggaraman dan mungkin desakan ekonomi para petani garam yang kalah sama garam inpor.
Terlepas dari berbagai persoalan tersebut belajar dari lokasi penggaraman di pantai talise sungguh menarik hati saya. Bagi saya memang tergolong unik ? entahlah bagi anda, karna  saya yang tidak pernah belajar ilmu kelautan apalagi ilmu penggaraman? Hehe.. Dari Husin sahabat saya yang fasilitator PNPM saya diterangkan bahwa ternyata salah satu proses untuk mengubah air laut menjadi garam, dengan memasak air laut?
Wah, bagaimana caranya air laut dimasak? Seberapa besar priuk yang akan kita pakai?  Rupanya yang dimaksud memasak air laut adalah air laut dimasukan ke sebuah saluran menuju petak pemanas yang kurang lebih didiamkan selama 2-4 minggu, setelah itu baru di salurkan lagi menuju petak produksi untuk dikelola menjadi garam rumah tangga. Oh begitu, saya jadi belajar lagi.
Saya yakin bukan hanya saya yang baru belajar bagaimana garam dilautan bisa sampai di dapur kita, banyak orang-orang seperti saya yang belum juga tau bagaimana proses penggaraman, untuk itu jika anda ke palu sempatkanlah berkunjung destinasi wisata penggaraman ini ada banyak hal yang bisa dipelajari.Sebelum wisata penggaraman ini akan hilang seiring dengan semakin banyaknya bangunan disekitar pantai dan kita semua akhirnya lupa bagaimana garam di luat bisa sampai didapur kita.





Posting Komentar

0 Komentar