'Resolusi Tahun ini'


Setiap waktu mesti dirayakan. Tanpa perayaan hidup berjalan tanpa makna. Walau perayaan tidak selamanya suka cita dan tawa. Perayaan kadang pula adalah duka, seperti kisah karbala. 

Perayaan mengajarkan kita untuk berhikmat pada setiap peristiwa. Lantas mengambil serpihan-serpihan pelajar. Untuk itulah setiap awal tahun, senantiasa saya buka dengan resolusi. Sebuah catatan untuk menyusun kembali dari setiap yang datang dan pergi.

2012 adalah buku pelajaran yang baru saja dituntaskan. Ada banyak kisah suka ditahun ini, demikian juga tamu kesedihan. Keduanya datang silih berganti. Tapi pelajaran ‘Syukur’ telah menjadi benteng terkokoh menghadapi segala ujian nikmat dan kesedihan.

Ungkapan Syukur tiada taranya karena Tuhan memberikan kesehatan, kekuatan dalam menjalani setiap hari-hari yang berlalu. Syukur pada tahun ini resolusi tahun sebelumnya untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang lebih tinggi dapat terlaksana.

Syukur, karena Ali dapat tumbuh ceria walau kadang penyakit juga datang menghampirinya. Syukur, sebuah karya buku ‘Republik Panggung Sandiwara’ dapat terbit. Syukur karena istri selalu setia menjaga rumah tangga walau terpisah ribuaan kilo meter. Tanpa keluhan dan marah.

Syukur atas tambahan pengetahuan akan hidup. Syukur atas perjumpaan dengan banyak ‘manusia-manusia unik’ ditahun ini yang menjadi guru penuntun dalam perjalanan. Syukur Tuhan telah mengarahkan perjalanan ke banyak tempat yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Syukur atas pelajaran Tuhan untuk mendisiplinkan diri dapat menerima hidup prihatin di tanah rantau. Syukur atas semua hal yang telah dilalui dalam tahun ini. Terima Kasih ya Rabb.

Memasuki tahun 2013 ada banyak catatan yang belum sempat dituntaskan ditahun sebelumnya. Resolusi yang menanti penyelesaian. Pertama, tentu saja memiliki sebuah rumah yang bisa menjadi tempat kembali bagi keluarga kecil kami. Tempat bagi ali tumbuh dari waktu ke waktu.

Kedua, mengejar segala bengkalai perkuliahan yang tersisa ditahun yang lalu dan semoga dapat maju menuju ujian promosi diakhir tahun. 

Ketiga, semoga tahun ini dapat melahirkan sebuah karya baru yang bisa bermanfaat bagi kampung halaman. 

Tiga resolusi di tahun 2013 tersebut semoga bisa tercapai. Amin.  

Posting Komentar

0 Komentar